Senin, 24 Juni 2013

MENDESAIN ALAT PERAGA IPA DI SD

Media pembelajaran yaitu segala sesuatu yang membawa informasi dari sumber informasi untuk disampaikan  kepada penerima pesan.
Tujuan penggunaan media secara umum adalah untuk memfasilitasi komunikasi. Dan tujuan penggunaan media pembelajaran antara lain :
1.      Meningkatkan kualitas dan efektivitas pembelajaran
2.      Memudahkan guru dalam melaksanakan pembelajaran
3.      Memberikan arahan tentang tujuan yang akan dicapai
4.      Menyediakan evaluasi mandiri
5.      Memberi rangsangan kepada guru untuk kreatif
6.      Menyampaikan materi pembelajaran
7.      Membantu pebelajar yang memiliki kekhususan tertentu.
Dalam merencanakan dan menyelenggarakan pembelajaran perlu melakukan hal-hal berikut, yaitu : memahami karakteristik siswa, menentukan tujuan pembelajaran, menentukan jembatan atau penghubung antara pengetahuan, keterampilan, dan prilaku siswa dengan tujuan yang akan dicapai melalui pembelajaran, menetukan metode dan format media yang cocok atau tepat, menggunakan media, melibatkan siswa untuk berpartisipasi dalam pembelajaran, dan melakukan evaluasi dan revisi terhadap pembelajaran.
Format media adalah bentuk fisik yang berisi pesan untuk disampaikan atau ditunjukan, misalnya : berupa clip charts, slide, audio, film video, atau komputer multimedia, yang dapat bersifat visual tidak bergerak, visual bergerak, kata-kata yang tercetak, atau kata-kata yang disimpan secara lisan.
Media pembelajaran (Heinich dkk 1996) antara lain :
1.      Media tidak diproyeksikan
2.      Media diproyeksikan
3.      Audio
4.      Media gerak
5.      Komputer
6.      Media radio dan televisi.
Pengertian alat peraga menurut Gagne adalah komponen sumber belajar di lingkungan siswa yang dapat merangsang siswa untuk belajar.
Menurut Briggs adalah wahana fisik yang mengandung materi pembelajaran.
Dengan demikian alat peraga merupakan sesuatu yang digunakan untuk mengomunikasikan materi pembelajaran agar terjadi proses belajar.
Menurut Schramm bahwa alat peraga adalah  suatu teknik untuk menyampaikan pesan sehingga sehingga alat peraga sebagai teknologi pembawa informasi atau pesan pembelajaran.
Miarso secara makro adalah sebagai segala sesuatu yang dapat merangsang terjadinya proses belajar .
Tujuan menggunakan alat peraga :
  1. Memperjelas informasi atau pesan pembelajaran
  2. Memberi tekanan pada bagian-bagian yang penting
  3. Memberi variasi dalam pengajaran
  4. Memperjelas struktur pengajaran
  5. Memotivasi siswa belajar.
Mendesain alat peraga  IPA di SD meliputi merancang, memilih dan membuat alat peraga IPA yang sesuai untuk mengajarkan suatu konsep, prinsip dan teori-teori IPA di SD.
Mendesai alat peraga dapat pula berarti menampilkan bentuk asli atau memodifikasi benda asli menjadi sebuah model tertentu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar